expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 19 Mei 2018

Layanan Perbankan (Mobile Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking)

#Tugas3_TKP_Softskill


Layanan Perbankan (Mobile Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking)
Internet dan jaringan komunikasi nirkabel telah mengubah cara kita dalam melakukan transaksi perbankan.
Internet dan jaringan komunikasi nirkabel telah mengubah cara kita dalam melakukan transaksi perbankan. Kamu bisa mengecek saldo maupun bertransaksi tanpa harus pergi ke bank. Bahkan, menyetor uang pun bisa lewat telepon genggam.
Semua jadi lebih praktis dengan kehadiran internet banking, mobile banking, dan SMS banking. Ketiganya merupakan bagian dari e-banking atau electronic banking. Tapi, sebenarnya kamu tahu gak sih perbedaan dari ketiga layanan ini?
E-Banking adalah suatu layanan ataupun fasilitas bank yang disalurkan melalui media elektronik. Biasa disebut dengan Electronic Banking, e-Banking ini sangat berguna untuk nasabah yang tidak mempunyai waktu banyak untuk datang ke bank. Dengan menggunakan salah satu layanan bank ini, segala kebutuhan Anda akan terpenuhi dimanapun Anda berada.
*      Pengertian e-Banking
E-Banking didefinisikan sebagai salah satu cara transaksi bank yang dilakukan melalui eletronik seperti gadget (handphone, tablet, dsb), komputer, bahkan sampai mesin. Istilah ini lebih familiar dengan internet banking, tapi ternyata internet banking adalah salah satu bagian dari E-Banking sendiri.
E-Banking dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah melalui internet banking atau i-banking yang bisa Anda gunakan lewat media komputer atau gadget. Selanjutnya adalah SMS banking dan Mobile Banking dimana Anda bisa sama-sama mengaksesnya dengan gadget. Dan terakhir adalah fasilitas ATM atau Automated Teller Machine. Semua ini sama-sama mempunyai kesamaan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi ke bank.
Manfaat e-Banking untuk Bank Penyedia e-Banking
Layanan dan fasilitas e-Banking teryata telah diperkenalkan kepada nasabah dari beberapa tahun yang lalu menurut Wikipedia.org. Dan sudah banyak konsumen yang merasakan keuntungannya. Selain itu, beberapa bank BUMN sampai bank swasta pun juga merasakan manfaatnya seperti berikut.
-       Business Expansion, pihak bank dapat menyediakan layanan bank dimanapun yang mereka inginkan tanpa perlu menyita waktu nasabah untuk datang ke bank.
-       Customer Loyalty. Dengan adanya e-Banking, pihak bank akan mendapatkan nasabah akan lebih loyal dan nyaman untuk memilih satu bank tertentu.
-       Revenue and Cost Improvement, biaya untuk melakukan transaksi perbankan akan lebih murah dan tidak perlu lagi membuka cabang baru di tempat yang sulit dijangkau.
-       Competitive Advantage. Adanya persaingan yang kompetitif antara bank satu dengan yang lainnya untuk menarik perhatian konsumen.
-       New Business Model, bisnis model baru untuk semua pihak dari bank maupun nasabah bank tertentu.
Manfaat e-Banking untuk Konsumen
Selain bank, konsumen ataupun nasabah bank penyedia e-banking pun juga merasakan banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan e-Banking.
-       Tidak membuang waktu. Karena semua layanan bisa Anda gunakan dimanapun Anda berada seperti lewat mesin ATM, gadget ataupun internet komputer.
-       Aman dan nyaman. Setiap layanan e-Banking tentunya harus sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ada dan juga harus terdaftar dengan BI dan OJK.
Jenis-jenis e-Banking
Seperti dilansir dari Wikipedia.org, jenis e-banking terbagi menjadi dua bagian yaitu perbankan daring atau perbankan online dan perbankan bergerak. Contoh perbankan online yaitu internet banking dan ATM. Sedangkan contoh perbankan bergerak yaitu mobile banking, phone banking, dan SMS banking Berikut ini penjelasan layanan e-Banking yang diterapkan di Indonesia.
Ø  ATM (Automated Teller Machine)
Ø  Internet Banking
Ø  Mobile Banking
Ø  Sms  Banking
Ø  Phone Banking
Mudah dan fleksibel, layanan e-Banking ini sangat berguna untuk Anda yang mempunyai jam kerja tinggi. Walaupun pada umumnya Anda harus mendaftarkan layanan e-Banking ini kepada bank yang Anda punya, fasilitas ini diharapkan dapat memperlancar transaksi berbayar Anda dimanapun Anda berada.
*      Mobile Banking (m-banking), bertransaksi langsung dari ponselmu
Berbeda dengan dulu yang mengharuskan kamu menggunakan kartu SIM tertentu, kini mobile banking bisa dimanfaatkan dengan mengunduh aplikasinya di ponselmu. Seperti halnya SMS banking, m-banking adalah layanan yang hanya bisa digunakan via ponsel.
Fitur-fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan i-banking. Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan via m-banking:
a.    Transfer antar rekening dan antarbank.
b.    Pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.
c.    Pembelian voucher dan e-commerce.
d.    Informasi rekening dan kurs.
Sebagai pengaman transaksi, m-banking biasanya menerapkan sistem OTP (one-time password) yang dikirim via SMS ke ponsel yang bersangkutan. Sistem ini juga hanya berfungsi pada kartu SIM yang telah didaftarkan.
*      Internet Banking, layanan yang fleksibel dan kaya fitur
Dewasa ini, internet banking (i-banking) merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Fungsi i-banking bahkan sudah mengungguli ATM. Kecuali untuk tarik tunai, tentunya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:
a.    Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini.
b.    Transfer dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
c.    Pembayaran, baik itu pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
Internet banking memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
a.    Bisa diakses dari mana saja, baik itu dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Nggak masalah kamu ada di belahan dunia mana, yang penting ada koneksi internet.
b.    Enggak terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
c.    Dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis. Untuk melakukan transaksi non-finansial seperti mengecek saldo dan mutasi rekening, kamu cukup memasukkan user ID dan password.
d.    Untuk perubahan data maupun transaksi finansial seperti transfer dana dan pembayaran, kamu perlu menggunakan token yang bisa didapatkan dari bank yang bersangkutan. Token ini berfungsi sebagai otentikasi transaksi.
Tapi, meski cukup aman, bukan berarti sistemnya tanpa celah. Penjahat dunia maya bisa saja mendapatkan data perbankanmu dan melakukan transaksi menggunakan identitasmu. Makanya, pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus dan hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti WIFI publik.
*      SMS banking, memudahkan transaksi lewat layanan SMS
Dibanding dengan layanan lainnya, fitur SMS banking memang yang paling terbatas. Tapi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini tanpa internet, lho. Jadi, cukup praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
a.    Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
b.    Informasi kartu kredit.
c.    Transfer dana dan pembayaran.
Untuk melakukan transaksi lewat SMS banking, kamu tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator SMS banking yang bersangkutan. Kamu akan dikenai tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang diterapkan oleh bank yang bersangkutan.
Contoh kasus:  Menu dan Layanan Perbankan pada Bank BNI
Salah satu kemudahan yang dimiliki semua bank di Indonesia adalah layanan electronic banking (e-banking). Bank Negara Indonesia (BNI) juga menawarkan layanan tersebut untuk memanjakan para nasabahnya dalam melakukan kegiatan perbankan tanpa harus mendatangi kantor cabang ataupun ATM.
Selain mobile banking, BNI juga menyediakan layanan SMS Banking pada nasabahnya. Dengan SMS Banking, kita seolah punya mesin ATM dan layanan bank sendiri yang online 24 jam. Dukungan smartphone saat ini juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.
*      Prosedur Registrasi BNI Mobile Banking
Registrasi BNI Mobile Banking tidak bisa dilakukan melalui ATM seperti bank-bank lain. Anda harus datang langsung ke kantor cabang untuk mendapatkan akses ke layanan tersebut. Prosedur yang bisa Anda lakukan adalah melakukan download dan install aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone atau datang ke kantor cabang.
Tidak butuh waktu lama untuk aktivasinya. Jika Anda ajukan layanan BNI Mobile Banking, registrasinya akan diproses saat itu juga. Pada saat registrasi tersebut, Anda nantinya akan mendapatkan User ID BNI Mobile Banking untuk selanjutnya dapat digunakan untuk aktivasi BNI Mobile Banking.
Proses selanjutnya, Anda tinggal download aplikasi BNI Mobile Banking dari Google Play Store untuk tipe Android dan AppStore untuk iOS. Setelah aplikasi berhasil diunduh dan ter-install dengan baik di smartphone, selanjutnya silakan buka aplikasi tersebut dan lakukan prosedur selanjutnya sebagaimana diulas pada beberapa langkah di bawah ini.
*      Cara Aktivasi BNI Mobile Banking Melalui Smartphone
Cara aktivasi BNI Mobile Banking melalui smartphone sangat mudah, baik di Android maupun iPhone. Keduanya memiliki prosedur dan proses yang sama, yaitu hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.
1.    Buka aplikasi BNI Mobile Banking yang sudah ter-install dan perhatikan ada tombol Aktivasi pada menu utama. Pilih atau tekan tombol Aktivasi.
2.    Silakan masukkan user ID BNI Mobile Banking yang telah Anda dapatkan saat melakukan registrasi.
3.    Masukkan 16 digit angka yang ada di kartu debit Anda (kartu ATM) dan pilih Lanjut.
4.    Setelah itu, Anda akan dibawa ke layar berikutnya dengan instruksi Kirim SMS OTP. Silakan tekan/pilih tombol tersebut, secara otomatis BNI akan mengirimkan 4 digit kode melalui SMS ke nomor smartphone Anda yang telah didaftarkan pada saat registrasi. Masukkan 4 digit kode tersebut ke dalam kotak yang tertera pada menu BNI Mobile Banking. Kemudian pilih/tekan tombol Lanjut. (Jika Anda tidak menerima SMS, ada kemungkinan nomor smartphone yang Anda daftarkan keliru. Jika ini terjadi, lakukan perbaikan atau perubahan di Kantor Cabang BNI terdekat).
5.    Selanjutnya, Anda diminta untuk membuat Mobile Banking PIN (MPIN) dan Password MPIN ini nantinya akan digunakan untuk login (masuk) ke BNI Mobile Banking. Setelah membuat MPIN, jangan lupa untuk mencatat agar tidak lupa. MPIN terdiri dari 6 digit angka. Anda bisa menyamakan MPIN dengan PIN ATM agar lebih mudah untuk diingat. MPIN ini berbeda dengan Password Transaksi. Nantinya Password Transaksi diperlukan setiap Anda akan melakukan transaksi perbankan. Password Transaksi terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Setelah Anda membuat Password Transaksi, catat baik-baik agar mudah diingat. Kalau Anda berniat untuk menyimpan, silakan simpan di tempat yang paling aman menurut Anda.
6.    Jika sudah membuat MPIN dan Password Transaksi, silakan pilih/tekan tombol Lanjut dan BNI Mobile Banking Anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi dan menikmati fitur-fitur yang disediakan BNI.
7.    Untuk login kembali ke BNI Mobile Banking, Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan memasukkan User ID dan MPIN yang sudah dibuat tadi.
Setelah Anda memiliki akun BNI Mobile Banking, pasti banyak aktivitas perbankan yang ingin Anda lakukan. Untuk mengetahui apa saja fitur yang dapat Anda manfaatkan melalui BNI Mobile Banking, silakan simak penjelasannya berikut ini.
*      Fitur dan Keunggulan BNI Mobile Banking
Salah satu kelebihan dari BNI Mobile Banking adalah layanan ini masih terintegrasi dengan BNI Internet Banking di mana Anda bisa mengakses seluruh daftar nomor rekening tujuan transfer ataupun nomor rekening tagihan yang sudah disimpan sebelumnya di internet banking. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengisi daftar nomor rekening tujuan lagi. Dengan menggunakan layanan BNI Mobile Banking, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lainnya, di antaranya:
  1. Transfer ke sesama BNI atau bank lain.
  2. Transfer terjadwal. Fitur ini juga sangat penting ketika Anda memiliki tanggungan untuk mengirim dana ke sejumlah orang secara rutin. Misalnya, untuk uang saku anak yang sedang kuliah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.
  3. Pembayaran berbagai macam tagihan. Sekarang BNI Mobile Banking sudah dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik/PLN, Air/PDAM, TV berlangganan, tiket kereta api, multifinance, pinjaman personal, dan lain sebagainya.
  4. Pembelian melalui situs-situs e-commerce.
  5. Cek saldo dan mutasi rekening.
  6. Cek bukti transfer.
Satu keunggulan lain yang penting untuk diketahui adalah aplikasi BNI Mobile Banking memiliki tampilan yang bersih dan menunya mudah di baca/digunakan, bahkan untuk orang awan sekalipun. Jadi, soal urusan transaksi perbankan, BNI Mobile Banking bisa menjadi alternatif yang wajib dicoba.
*      Ini Cara Melakukan Pendaftaran SMS Banking BNI
Proses pendaftaran SMS Banking BNI bisa melalui kantor cabang BNI terdekat atau melalui ATM. Bagaimana cara melakukannya?
-       Pendaftaran SMS Banking BNI di Kantor Cabang BNI
Proses pendaftaran SMS banking di Kantor Cabang BNI mengikuti prosedur dan syarat-syarat sebagai berikut.
·         Datang ke kantor cabang BNI sambil membawa kartu identitas semisal KTP, paspor, ataupun SIM.
·         Bukti bahwa Anda memiliki rekening. Biasanya dengan membawa buku tabungan BNI dan kartu ATM-nya.
·         Nanti di sana Anda akan dibantu mengaktifkannya. Bahkan, kalau sudah selesai, mungkin Anda akan dibantu untuk mencobanya sambil dipandu petugasnya.
·         Sebelumnya, Anda masuk kantor bank. Pastikan pulsa handphone Anda mencukupi. Soalnya SMS Banking per SMS kena biaya pulsa Rp500–Rp1.000.
-       Pendaftaran SMS Banking BNI melalui ATM
Proses pendaftaran SMS Banking melalui ATM BNI mengikuti prosedur dan syarat-syarat berikut.
·         Masukkan kartu ATM dan password-nya seperti biasanya. Kemudian carilah menu Registrasi e-channel. Setelah diklik, pilih lagi menu SMS Banking BNI, kemudian masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking.
·         Setelah nomor handphone dimasukan, biasanya Anda disuruh untuk buat PIN baru untuk SMS Banking. Ingat, PIN ini beda dengan PIN ATM. Meskipun sebenarnya, bisa disamakan, tapi banyak yang menyarankan untuk buat yang berbeda.
·         Setelah proses di atas selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi ATM BNI. Telepon seluler Anda juga akan mendapatkan SMS sukses dari 3346 karena telah melakukan registrasi.
Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa mulai untuk mencobanya dengan mengetik beberapa format perintahnya. Format-format perintah tersebut bisa dilihat di bawah ini.
*      Cara Menggunakan dan Format Perintah SMS Banking BNI
Setelah Anda mengaktifkan layanan SMS Banking, inilah cara menggunakan layanan SMS Banking BNI dengan mengirim SMS ke nomor 3346.
Jenis Transaksi
Format
Contoh
Cek Saldo
SAL
SAL (Selanjutnya, ikuti perintah yang ada di SMS balasan.)
Melihat Transaksi Terakhir
HST
HST
Isi Ulang Pulsa
TOP <spasi> No. HP <spasi> NOMINAL
TOP 081234567899 25000 (nominal pulsa minimal Rp25.000 lalu kelipatannya ditulis tanpa titik).
Isi Ulang PLN Prabayar
TOP <spasi> PLN <spasi> ID PELANGGAN/NO.METER <spasi> NOMINAL

TOP PLN 123456789 50000
Transfer Uang ke Sesama BNI
TRF <spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL
TRF 0123456789 100000 ( nominal uang juga ditulis tanpa titik).

Transfer Uang ke Bank Lain
TRF <spasi> ANTARBANK <spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL
TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000 (002 merupakan kode BRI, 012345678912345 merupakan nomor rekening. 100000 merupakan nominal uang Rp100.000,00).
Bayar PLN Pascabayar
PAY <spasi> PLN <spasi> NO. PELANGGAN
PAY PLN 123456789
Tagihan Kartu Kredit BNI
TAG <spasi> BNI <spasi> NO. KARTU KREDIT BNI

Tagihan Listrik PLN
TAG <spasi> PLN <spasi> NO. LANGGANAN

Tagihan Telkom
TAG <spasi> TELKOM <spasi> 4 DIGIT KODE AREA + NO. TELEPON

Perlu Bantuan
HELP

Saran untuk Kenyamanan Transaksi 
Demi kenyamanan dan keamanan, setiap selesai transaksi SMS Banking sebaiknya Anda menghapus semua SMS tersebut, baik SMS balasan maupun SMS yang terkirim. Hal ini untuk mengantisipasi risiko handphone/smartphone Anda dibuka orang lain sehingga transaksi yang telah dilakukan tidak diketahui orang lain.
*      BNI Internet Banking
Untuk meningkatkan layanan kepada Nasabah serta untuk memenuhi kebutuhan Nasabah, BNI Internet Banking hadir dengan fitur-fitur yang semakin lengkap. Mulai dari transfer terjadwal dan berulang, mutasi transaksi hingga 6 bulan terakhir, buka rekening Deposito/Taplus/Tapenas, personalisasi beranda, m-secure atau aplikasi token di smartphone, akses versi mobile serta berbagai layanan lainnya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun berada.
Yang lebih menarik lagi, fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking memungkinkan Anda untuk membuat perencanaan keuangan sesuai kebutuhan lengkap dengan penjadwalan setoran secara otomatis, serta memungkinkan Anda juga untuk memantau cash flow dan trend pengeluaran/pemasukan dana dalam bentuk grafik.
Manfaat & Keunggulan
·         Dapat diakses melalui PC/Laptop dan Handphone/Smartphone dengan mengetik alamat URL BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id atau akses website BNI (www.bni.co.id) dan pilih menu Login.
·         Dapat melakukan transaksi transfer dana dengan limit transaksi hingga 1 milyar dalam 1 hari, multi transfer, transfer terjadwal & transfer berulang.
·         Dapat melakukan pembukaan rekening (Taplus, Deposito & Tapenas), pemblokiran Kartu Debit BNI, pembaharuan setoran bulanan/jangka waktu Tapenas, dan pencairan Deposito.
·         Ada link transaksi favorit, informasi kalender transaksi terjadwal, nilai tukar valas, dll.
·         Memiliki 2 alat otorisasi transaksi finansial yaitu BNI e-Secure atau BNI m-Secure.
·         Menggunakan 3 otorisasi saat melakukan login ke BNI Internet Banking yaitu, USER ID, Password dan Captcha serta telah memiliki virtual keyboard untuk menghindari praktik keylogger.
·         Dapat membuat perencanaan keuangan berikut pemantauan perkembangannya.
·         Dapat memantauan grafik cash flow, realisasi anggaran dari pos-pos pengeluaran, dan komposisi nominal berbagai pos pengeluaran dan pemasukan.
·         Dapat melakukan transfer rekening BNI antar mata uang yang sama maupun dari USD/SGD ke IDR.
·         Notifikasi transaksi dapat berupa email dan SMS
Cara Aman Bertransaksi Melalui BNI Internet Banking
·         BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.
·         Gambar dibawah merupakan contoh tindak penipuan yang disebut sinkronisasi token yang meminta Anda untuk menginput BNI e-Secure/m-Secure Anda. Jika Anda menemukan hal ini, STOP/HENTIKAN TRANSAKSI dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.
·         Untuk mengantisipasi kasus serupa namun dalam bentuk malware lainnya, STOP/HENTIKAN transaksi apabila Anda diminta menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar kebiasaan bertransaksi dengan BNI Internet Banking dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888 melalui handphone.
·         Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm, trojan atau spyware. Hindari untuk mengakses BNI Internet Banking dari warnet atau jaringan/komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya. Hindari membuka attachment email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak resmi maupun akses ke situs-situs dewasa yang berpotensi untuk menularkan malware, virus/worm, trojan atau spyware ke perangkat computer maupun tablet/smartphone Anda.
·         Pastikan Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id atau dari menu bookmark/favourite di browser Anda.
·         Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui telepon, fax atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet Banking, PIN BNI e-Secure/m-Secure, dan One Time Password (OTP) yang terkirim via SMS/E-mail, Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
·         Gunakanlah fasilitas virtual keyboard saat mengetikkan password anda untuk menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).
·         Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima telah sesuai.
·         Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda, meskipun hanya sesaat.
·         Jaga kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure Anda dan lakukan penggantian password BNI Internet Banking Anda secara berkala.
·         Apabila Anda menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI Internet Banking, segera hentikan transaksi Anda dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.

http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bniinternetbanking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar