Layanan Perbankan (Mobile Banking,
Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking)
Internet
dan jaringan komunikasi nirkabel telah mengubah cara kita dalam melakukan
transaksi perbankan.
Internet
dan jaringan komunikasi nirkabel telah mengubah cara kita dalam melakukan
transaksi perbankan. Kamu bisa mengecek saldo maupun bertransaksi tanpa harus
pergi ke bank. Bahkan, menyetor uang pun bisa lewat telepon genggam.
Semua
jadi lebih praktis dengan kehadiran internet banking, mobile banking, dan SMS
banking. Ketiganya merupakan bagian dari e-banking atau electronic
banking. Tapi, sebenarnya kamu tahu gak sih perbedaan dari ketiga layanan
ini?
E-Banking
adalah suatu layanan ataupun fasilitas bank yang disalurkan melalui media
elektronik. Biasa disebut dengan Electronic Banking, e-Banking ini sangat
berguna untuk nasabah yang tidak mempunyai waktu banyak untuk datang ke bank.
Dengan menggunakan salah satu layanan bank ini, segala kebutuhan Anda akan
terpenuhi dimanapun Anda berada.
Pengertian e-Banking
E-Banking
didefinisikan sebagai salah satu cara transaksi bank yang dilakukan melalui
eletronik seperti gadget (handphone, tablet, dsb), komputer, bahkan sampai
mesin. Istilah ini lebih familiar dengan internet banking, tapi ternyata
internet banking adalah salah satu bagian dari E-Banking sendiri.
E-Banking
dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah melalui internet banking
atau i-banking yang bisa Anda gunakan lewat media komputer atau gadget.
Selanjutnya adalah SMS banking dan Mobile Banking dimana Anda bisa sama-sama
mengaksesnya dengan gadget. Dan terakhir adalah fasilitas ATM atau Automated
Teller Machine. Semua ini sama-sama mempunyai kesamaan untuk mempermudah Anda
dalam melakukan transaksi ke bank.
Manfaat e-Banking untuk
Bank Penyedia e-Banking
Layanan
dan fasilitas e-Banking teryata telah diperkenalkan kepada nasabah dari
beberapa tahun yang lalu menurut Wikipedia.org. Dan sudah banyak konsumen yang
merasakan keuntungannya. Selain itu, beberapa bank BUMN sampai bank swasta pun
juga merasakan manfaatnya seperti berikut.
- Business Expansion, pihak bank dapat
menyediakan layanan bank dimanapun yang mereka inginkan tanpa perlu menyita
waktu nasabah untuk datang ke bank.
- Customer Loyalty. Dengan adanya
e-Banking, pihak bank akan mendapatkan nasabah akan lebih loyal dan nyaman
untuk memilih satu bank tertentu.
- Revenue and Cost Improvement, biaya
untuk melakukan transaksi perbankan akan lebih murah dan tidak perlu lagi
membuka cabang baru di tempat yang sulit dijangkau.
- Competitive Advantage. Adanya
persaingan yang kompetitif antara bank satu dengan yang lainnya untuk menarik
perhatian konsumen.
- New Business Model, bisnis model baru
untuk semua pihak dari bank maupun nasabah bank tertentu.
Manfaat e-Banking untuk
Konsumen
Selain
bank, konsumen ataupun nasabah bank penyedia e-banking pun juga merasakan
banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan
menggunakan layanan e-Banking.
- Tidak membuang waktu. Karena semua
layanan bisa Anda gunakan dimanapun Anda berada seperti lewat mesin ATM, gadget
ataupun internet komputer.
- Aman dan nyaman. Setiap layanan
e-Banking tentunya harus sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ada dan juga
harus terdaftar dengan BI dan OJK.
Jenis-jenis e-Banking
Seperti
dilansir dari Wikipedia.org, jenis e-banking terbagi menjadi dua bagian yaitu
perbankan daring atau perbankan online dan perbankan bergerak. Contoh perbankan
online yaitu internet banking dan ATM. Sedangkan contoh perbankan bergerak
yaitu mobile banking, phone banking, dan SMS banking Berikut ini penjelasan
layanan e-Banking yang diterapkan di Indonesia.
Ø ATM (Automated Teller Machine)
Ø Internet Banking
Ø Mobile Banking
Ø Sms
Banking
Ø Phone Banking
Mudah
dan fleksibel, layanan e-Banking ini sangat berguna untuk Anda yang mempunyai
jam kerja tinggi. Walaupun pada umumnya Anda harus mendaftarkan layanan
e-Banking ini kepada bank yang Anda punya, fasilitas ini diharapkan dapat
memperlancar transaksi berbayar Anda dimanapun Anda berada.
Mobile
Banking (m-banking),
bertransaksi langsung dari ponselmu
Berbeda
dengan dulu yang mengharuskan kamu menggunakan kartu SIM tertentu, kini mobile
banking bisa dimanfaatkan dengan mengunduh aplikasinya di ponselmu. Seperti
halnya SMS banking, m-banking adalah layanan yang hanya bisa digunakan
via ponsel.
Fitur-fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan i-banking. Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan via m-banking:
Fitur-fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan i-banking. Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan via m-banking:
a. Transfer antar rekening dan antarbank.
b. Pembayaran tagihan, seperti tagihan
kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.
c. Pembelian voucher dan e-commerce.
d. Informasi rekening dan kurs.
Sebagai
pengaman transaksi, m-banking biasanya menerapkan sistem OTP (one-time
password) yang dikirim via SMS ke ponsel yang bersangkutan. Sistem ini juga
hanya berfungsi pada kartu SIM yang telah didaftarkan.
Internet
Banking,
layanan yang fleksibel dan kaya fitur
Dewasa
ini, internet banking (i-banking) merupakan salah satu layanan unggulan
yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Fungsi i-banking
bahkan sudah mengungguli ATM. Kecuali untuk tarik tunai, tentunya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:
a. Informasi rekening dan kartu kredit,
yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk
rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat
informasi kurs di sini.
b. Transfer dana, baik antar rekening
bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer
terjadwal.
c. Pembayaran, baik itu pembayaran
tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
Internet
banking memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
a. Bisa diakses dari mana saja, baik itu
dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Nggak masalah kamu ada di belahan dunia
mana, yang penting ada koneksi internet.
b. Enggak terikat waktu. Kamu bisa
mengaksesnya kapan saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
c. Dilengkapi dengan sistem pengamanan
berlapis. Untuk melakukan transaksi non-finansial seperti mengecek saldo dan
mutasi rekening, kamu cukup memasukkan user ID dan password.
d. Untuk perubahan data maupun transaksi
finansial seperti transfer dana dan pembayaran, kamu perlu menggunakan token
yang bisa didapatkan dari bank yang bersangkutan. Token ini berfungsi sebagai
otentikasi transaksi.
Tapi,
meski cukup aman, bukan berarti sistemnya tanpa celah. Penjahat dunia maya bisa
saja mendapatkan data perbankanmu dan melakukan transaksi menggunakan
identitasmu. Makanya, pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas virus dan
hindari menggunakan koneksi internet terbuka seperti WIFI publik.
SMS
banking,
memudahkan transaksi lewat layanan SMS
Dibanding
dengan layanan lainnya, fitur SMS banking memang yang paling terbatas.
Tapi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini tanpa internet, lho. Jadi, cukup
praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
a. Informasi saldo, mutasi rekening, dan
informasi kurs.
b. Informasi kartu kredit.
c. Transfer dana dan pembayaran.
Untuk
melakukan transaksi lewat SMS banking, kamu tinggal memasukkan perintah dan
kode akses ke nomor operator SMS banking yang bersangkutan. Kamu akan dikenai
tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang diterapkan oleh bank yang
bersangkutan.
Contoh kasus: Menu dan Layanan Perbankan pada Bank BNI
Salah
satu kemudahan yang dimiliki semua bank di Indonesia adalah layanan electronic
banking (e-banking). Bank Negara
Indonesia (BNI) juga
menawarkan layanan tersebut untuk memanjakan para nasabahnya dalam melakukan
kegiatan perbankan tanpa harus mendatangi kantor cabang ataupun ATM.
Selain
mobile banking, BNI juga menyediakan layanan SMS Banking pada
nasabahnya. Dengan SMS Banking, kita seolah punya mesin ATM dan layanan
bank sendiri yang online 24 jam. Dukungan smartphone saat
ini juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.
Prosedur
Registrasi BNI Mobile Banking
Registrasi
BNI Mobile Banking tidak bisa dilakukan melalui ATM seperti bank-bank
lain. Anda harus datang langsung ke kantor cabang untuk mendapatkan akses ke
layanan tersebut. Prosedur yang bisa Anda lakukan adalah melakukan download
dan install aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone atau
datang ke kantor cabang.
Tidak
butuh waktu lama untuk aktivasinya. Jika Anda ajukan layanan BNI Mobile
Banking, registrasinya akan diproses saat itu juga. Pada saat registrasi
tersebut, Anda nantinya akan mendapatkan User ID BNI Mobile Banking
untuk selanjutnya dapat digunakan untuk aktivasi BNI Mobile Banking.
Proses
selanjutnya, Anda tinggal download aplikasi BNI Mobile Banking
dari Google Play Store untuk tipe Android dan AppStore untuk iOS. Setelah
aplikasi berhasil diunduh dan ter-install dengan baik di smartphone,
selanjutnya silakan buka aplikasi tersebut dan lakukan prosedur selanjutnya
sebagaimana diulas pada beberapa langkah di bawah ini.
Cara
Aktivasi BNI Mobile Banking Melalui Smartphone
Cara
aktivasi BNI Mobile Banking melalui smartphone sangat mudah, baik
di Android maupun iPhone. Keduanya memiliki prosedur dan proses yang sama,
yaitu hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.
1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking
yang sudah ter-install dan perhatikan ada tombol Aktivasi pada menu
utama. Pilih atau tekan tombol Aktivasi.
2. Silakan masukkan user ID BNI Mobile
Banking yang telah Anda dapatkan saat melakukan registrasi.
3. Masukkan 16 digit angka yang ada di
kartu debit Anda (kartu ATM) dan pilih Lanjut.
4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke layar
berikutnya dengan instruksi Kirim SMS OTP. Silakan tekan/pilih tombol
tersebut, secara otomatis BNI akan mengirimkan 4 digit kode melalui SMS ke
nomor smartphone Anda yang telah didaftarkan pada saat registrasi.
Masukkan 4 digit kode tersebut ke dalam kotak yang tertera pada menu BNI Mobile
Banking. Kemudian pilih/tekan tombol Lanjut. (Jika Anda tidak
menerima SMS, ada kemungkinan nomor smartphone yang Anda daftarkan
keliru. Jika ini terjadi, lakukan perbaikan atau perubahan di Kantor Cabang BNI
terdekat).
5. Selanjutnya, Anda diminta untuk
membuat Mobile Banking PIN (MPIN) dan Password MPIN ini nantinya
akan digunakan untuk login (masuk) ke BNI Mobile Banking. Setelah
membuat MPIN, jangan lupa untuk mencatat agar tidak lupa. MPIN terdiri dari 6
digit angka. Anda bisa menyamakan MPIN dengan PIN ATM agar lebih mudah untuk
diingat. MPIN ini berbeda dengan Password Transaksi. Nantinya Password
Transaksi diperlukan setiap Anda akan melakukan transaksi perbankan. Password
Transaksi terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Setelah Anda membuat Password
Transaksi, catat baik-baik agar mudah diingat. Kalau Anda berniat untuk
menyimpan, silakan simpan di tempat yang paling aman menurut Anda.
6. Jika sudah membuat MPIN dan Password
Transaksi, silakan pilih/tekan tombol Lanjut dan BNI Mobile Banking
Anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi dan
menikmati fitur-fitur yang disediakan BNI.
7. Untuk login kembali ke BNI Mobile
Banking, Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan memasukkan User ID dan
MPIN yang sudah dibuat tadi.
Setelah
Anda memiliki akun BNI Mobile Banking, pasti banyak aktivitas perbankan
yang ingin Anda lakukan. Untuk mengetahui apa saja fitur yang dapat Anda
manfaatkan melalui BNI Mobile Banking, silakan simak penjelasannya
berikut ini.
Fitur
dan Keunggulan BNI Mobile Banking
Salah
satu kelebihan dari BNI Mobile Banking adalah layanan ini masih
terintegrasi dengan BNI Internet Banking di mana Anda bisa mengakses
seluruh daftar nomor rekening tujuan transfer ataupun nomor rekening tagihan
yang sudah disimpan sebelumnya di internet banking. Dengan begitu, Anda tidak perlu
repot-repot mengisi daftar nomor rekening tujuan lagi. Dengan menggunakan
layanan BNI Mobile Banking, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur
lainnya, di antaranya:
- Transfer ke sesama BNI atau bank lain.
- Transfer terjadwal. Fitur ini juga sangat penting ketika Anda memiliki tanggungan untuk mengirim dana ke sejumlah orang secara rutin. Misalnya, untuk uang saku anak yang sedang kuliah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.
- Pembayaran berbagai macam tagihan. Sekarang BNI Mobile Banking sudah dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik/PLN, Air/PDAM, TV berlangganan, tiket kereta api, multifinance, pinjaman personal, dan lain sebagainya.
- Pembelian melalui situs-situs e-commerce.
- Cek saldo dan mutasi rekening.
- Cek bukti transfer.
Satu
keunggulan lain yang penting untuk diketahui adalah aplikasi BNI Mobile
Banking memiliki tampilan yang bersih dan menunya mudah di baca/digunakan,
bahkan untuk orang awan sekalipun. Jadi, soal urusan transaksi perbankan, BNI Mobile
Banking bisa menjadi alternatif yang wajib dicoba.
Ini
Cara Melakukan Pendaftaran SMS Banking BNI
Proses
pendaftaran SMS Banking BNI bisa melalui kantor cabang BNI terdekat atau
melalui ATM. Bagaimana cara melakukannya?
- Pendaftaran SMS Banking BNI di Kantor
Cabang BNI
Proses
pendaftaran SMS banking di Kantor Cabang BNI mengikuti prosedur dan
syarat-syarat sebagai berikut.
·
Datang
ke kantor cabang BNI sambil membawa kartu identitas semisal KTP, paspor,
ataupun SIM.
·
Bukti
bahwa Anda memiliki rekening. Biasanya dengan membawa buku tabungan BNI dan
kartu ATM-nya.
·
Nanti
di sana Anda akan dibantu mengaktifkannya. Bahkan, kalau sudah selesai, mungkin
Anda akan dibantu untuk mencobanya sambil dipandu petugasnya.
·
Sebelumnya,
Anda masuk kantor bank. Pastikan pulsa handphone Anda mencukupi. Soalnya
SMS Banking per SMS kena biaya pulsa Rp500–Rp1.000.
- Pendaftaran SMS Banking BNI
melalui ATM
Proses
pendaftaran SMS Banking melalui ATM BNI mengikuti prosedur dan
syarat-syarat berikut.
·
Masukkan
kartu ATM dan password-nya seperti biasanya. Kemudian carilah menu
Registrasi e-channel. Setelah diklik, pilih lagi menu SMS Banking
BNI, kemudian masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk
melakukan transaksi SMS Banking.
·
Setelah
nomor handphone dimasukan, biasanya Anda disuruh untuk buat PIN baru
untuk SMS Banking. Ingat, PIN ini beda dengan PIN ATM. Meskipun
sebenarnya, bisa disamakan, tapi banyak yang menyarankan untuk buat yang
berbeda.
·
Setelah
proses di atas selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi ATM
BNI. Telepon seluler Anda juga akan mendapatkan SMS sukses dari 3346
karena telah melakukan registrasi.
Setelah
semua proses selesai, Anda sudah bisa mulai untuk mencobanya dengan mengetik
beberapa format perintahnya. Format-format perintah tersebut bisa dilihat di
bawah ini.
Cara
Menggunakan dan Format Perintah SMS Banking BNI
Setelah
Anda mengaktifkan layanan SMS Banking, inilah cara menggunakan layanan
SMS Banking BNI dengan mengirim SMS ke nomor 3346.
Jenis Transaksi
|
Format
|
Contoh
|
Cek Saldo
|
SAL
|
SAL
(Selanjutnya, ikuti perintah yang ada di SMS balasan.)
|
Melihat Transaksi Terakhir
|
HST
|
HST
|
Isi Ulang Pulsa
|
TOP
<spasi> No. HP <spasi> NOMINAL
|
TOP 081234567899 25000 (nominal pulsa minimal Rp25.000 lalu kelipatannya
ditulis tanpa titik).
|
Isi Ulang PLN Prabayar
|
TOP <spasi> PLN
<spasi> ID PELANGGAN/NO.METER <spasi> NOMINAL
|
TOP PLN 123456789 50000
|
Transfer Uang ke Sesama BNI
|
TRF
<spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL
|
TRF 0123456789 100000 ( nominal uang juga ditulis tanpa titik).
|
Transfer Uang ke Bank Lain
|
TRF <spasi> ANTARBANK
<spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL
|
TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000 (002 merupakan kode BRI, 012345678912345 merupakan nomor
rekening. 100000 merupakan nominal uang Rp100.000,00).
|
Bayar PLN Pascabayar
|
PAY
<spasi> PLN <spasi> NO. PELANGGAN
|
PAY PLN 123456789
|
Tagihan Kartu Kredit BNI
|
TAG <spasi>
BNI <spasi> NO. KARTU KREDIT BNI
|
|
Tagihan Listrik PLN
|
TAG
<spasi> PLN <spasi> NO. LANGGANAN
|
|
Tagihan Telkom
|
TAG <spasi> TELKOM
<spasi> 4 DIGIT KODE AREA + NO. TELEPON
|
|
Perlu Bantuan
|
HELP
|
|
Saran
untuk Kenyamanan Transaksi
Demi
kenyamanan dan keamanan, setiap selesai transaksi SMS Banking sebaiknya
Anda menghapus semua SMS tersebut, baik SMS balasan maupun SMS yang terkirim.
Hal ini untuk mengantisipasi risiko handphone/smartphone Anda
dibuka orang lain sehingga transaksi yang telah dilakukan tidak diketahui orang
lain.
BNI Internet Banking
Untuk
meningkatkan layanan kepada Nasabah serta untuk memenuhi kebutuhan Nasabah, BNI
Internet Banking hadir dengan fitur-fitur yang semakin lengkap. Mulai dari
transfer terjadwal dan berulang, mutasi transaksi hingga 6 bulan terakhir, buka
rekening Deposito/Taplus/Tapenas, personalisasi beranda, m-secure atau aplikasi
token di smartphone, akses versi mobile serta berbagai layanan lainnya yang
dapat diakses kapanpun dan dimanapun berada.
Yang
lebih menarik lagi, fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking
memungkinkan Anda untuk membuat perencanaan keuangan sesuai kebutuhan lengkap
dengan penjadwalan setoran secara otomatis, serta memungkinkan Anda juga untuk
memantau cash flow dan trend pengeluaran/pemasukan dana dalam bentuk grafik.
Manfaat
& Keunggulan
·
Dapat
diakses melalui PC/Laptop dan Handphone/Smartphone dengan mengetik alamat URL
BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id atau akses website BNI (www.bni.co.id) dan pilih menu Login.
·
Dapat
melakukan transaksi transfer dana dengan limit transaksi hingga 1 milyar dalam
1 hari, multi transfer, transfer terjadwal & transfer berulang.
·
Dapat
melakukan pembukaan rekening (Taplus, Deposito & Tapenas), pemblokiran
Kartu Debit BNI, pembaharuan setoran bulanan/jangka waktu Tapenas, dan
pencairan Deposito.
·
Ada
link transaksi favorit, informasi kalender transaksi terjadwal, nilai tukar
valas, dll.
·
Memiliki
2 alat otorisasi transaksi finansial yaitu BNI e-Secure atau BNI m-Secure.
·
Menggunakan
3 otorisasi saat melakukan login ke BNI Internet Banking yaitu, USER ID,
Password dan Captcha serta telah memiliki virtual keyboard untuk menghindari
praktik keylogger.
·
Dapat
membuat perencanaan keuangan berikut pemantauan perkembangannya.
·
Dapat
memantauan grafik cash flow, realisasi anggaran dari pos-pos pengeluaran, dan
komposisi nominal berbagai pos pengeluaran dan pemasukan.
·
Dapat
melakukan transfer rekening BNI antar mata uang yang sama maupun dari USD/SGD
ke IDR.
·
Notifikasi
transaksi dapat berupa email dan SMS
Cara
Aman Bertransaksi Melalui BNI Internet Banking
·
BNI
e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau
perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI
e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.
·
Gambar
dibawah merupakan contoh tindak penipuan yang disebut sinkronisasi token
yang meminta Anda untuk menginput BNI e-Secure/m-Secure Anda. Jika Anda
menemukan hal ini, STOP/HENTIKAN TRANSAKSI dan segera hubungi BNI Call
di 1500046 atau 68888.
·
Untuk
mengantisipasi kasus serupa namun dalam bentuk malware lainnya, STOP/HENTIKAN
transaksi apabila Anda diminta menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar
kebiasaan bertransaksi dengan BNI Internet Banking dan segera hubungi BNI Call
di 1500046 atau 68888 melalui handphone.
·
Pastikan
komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm, trojan atau
spyware. Hindari untuk mengakses BNI Internet Banking dari warnet atau
jaringan/komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya. Hindari membuka
attachment email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak
resmi maupun akses ke situs-situs dewasa yang berpotensi untuk menularkan
malware, virus/worm, trojan atau spyware ke perangkat computer maupun tablet/smartphone
Anda.
·
Pastikan
Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet
Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung
ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id atau dari menu bookmark/favourite di
browser Anda.
·
Waspadai
upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui
telepon, fax atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet
Banking, PIN BNI e-Secure/m-Secure, dan One Time Password (OTP) yang terkirim
via SMS/E-mail, Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal
tersebut.
·
Gunakanlah
fasilitas virtual keyboard saat mengetikkan password anda untuk
menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).
·
Pada
saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening
tujuan penerima telah sesuai.
·
Pastikan
bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda, meskipun hanya
sesaat.
·
Jaga
kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure Anda dan
lakukan penggantian password BNI Internet Banking Anda secara berkala.
·
Apabila
Anda menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI Internet
Banking, segera hentikan transaksi Anda dan segera hubungi BNI Call di 1500046
atau 68888.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar