expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 19 Mei 2018

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Setor dan Tarik Tunai. Kelebihan dan Kekurangannya terhadap Fungsi dan Peranan Mesin sebagai jawaban atas Tantangan Globalisasi Informasi

#Tugas4_TKP_Sotskill


Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Setor dan Tarik Tunai. Kelebihan dan Kekurangannya terhadap Fungsi dan Peranan Mesin sebagai jawaban atas Tantangan Globalisasi Informasi
*      Mesin ATM
ATM (Anjungan Tunai Mandiri / Automatic Teller Machine) merupakan salah satu teknologi yang menerapkan konsep Proses Data berbasis Digital. Device ini mempunyai dua bagian penting yaitu Hard-ware yang terdiri dari Unit Pemroses dalam hal ini PC, serta sistem device interface yang menghubungkan pemakai/User melalui suatu kartu magnetik, dan Software yang berfungsi sebagai interface yang menghubungkan User dengan Sistem dalam kaitan Data (Informasi). Manfaat atas pelayanan yang diberikan oleh mesin ATM antara lain: penarikan uang tunai, dapat digunakan sebagai tempat untuk memesan buku cek dan bilyet giro, dapat digunakan sebagai tempat untuk meminta rekening koran, dapat digunakan sebagai tempat untuk mengecek saldo rekening nasabah. Prinsip kerja ATM pada umumnya sama dengan komputer melalui proses dan pengolahan data, setelah kartu ATM dima-sukkan kedalam mesin ATM, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Perkembangan tekhnologi dengan adanya ATM yang terdapat diberbagai tem-pat strategis sering mengundang pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyalah-gunakannya. Banyak kasus seperti pem-bobolan ATM baik yang melibatkan pihak dalam dari bank yang bersangkutan atau-pun tidak Oleh karena itu penulis men-yarankan agar bank lebih memperketat kea-manan untuk ATM tersebut. Selain itu juga pihak nasabah harus lebih hati-hati dalam menggunakan ATM agar tidak dirugikan. Nasabah sebaiknya tidak meminjamkan kartu ATM tersebut dan memberikan PIN kepada sembarang orang.
Mesin ATM atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri.
Mesin ATM ditemukan oleh 3 orang yakni Luther Simjian, John Shepherd-Barron, dan Don Wetzel. Ada juga yang berpendapat, orang Skotlandia bernama James Goodfellow adalah pemegang paten paling awal (1966) ATM modern dan John D White (dari Docutel) di Amerika Serikat juga sering disebut sebagai penemu desain ATM tegak mandiri (free standing) pertama.
*      Penggunaan Mesin ATM
Pada ATM paling modern, nasabah diidentifikasi dengan memasukkan kartu ATM plastik dengan strip magnetik atau kartu pintar plastik dengan chip, yang berisi kartu yang bernomor unik dan beberapa informasi keamanan seperti tanggal kedaluwarsa atau Kode keamanan kartu (CVV). Autentikasi ini disediakan oleh nasabah saat memasukkan nomor identifikasi pribadi (PIN). ATM terbaru di Royal Bank of Scotland beroperasi tanpa kartu untuk menarik uang tunai hingga £100. Pelanggan awalnya harus mendaftarkan nomor ponsel merekadan dan bank akan memberikan kode enam digit untuk masuk ke ATM untuk menarik uang tunai tersebut.
Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses akun bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar. Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu. Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi wisatawan asing.
-       Di Dunia
Dengan adanya ATM ini membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah, karena saat ini jaringan ATM sudah bisa lintas Negara bahkan lintas benua contohnya anda bisa transaksi penarikan uang tunai di negara manapun apabila anda memegang kartu Master yang bergambar Cirrus Maestro, anda bisa mengambil uang tunai di ATM yang ada logo Cirrus Maestro, demikian juga dengan kartu Visa anda yang bergambar Visa Electron, anda bisa mengambil uang yang ada di ATM yang ada logo Visa Electron. Pemakaian ATM di Negara-negara maju sudah sangat baik sehingga rata-rata perhari bisa mencapai 500 – 1000 transaksi perhari.
-       Di Indonesia
Meskipun ATM sudah sangat populer hampir semua orang di Indonesia ini mengenal dan mendengar kata-kata ATM tetapi tingkat penggunaannya masih belum optimal untuk ukuran Bank besar dengan jaringan luas seperti BCA, transaksi finansialnya sekitar 800 ribu transaksi perhari, dari sekitar 2500 ATM jadi rata-rata transaksi di ATM hanya sekitar 320 transaksi perhari, jumlah ini sebenarnya belum optimal apabila dibandingkan dengan biaya investasi yang dikeluarkan. Untuk rata-rata penggunaan ATM per hari diseluruh Indonesia untuk semua bank masih kurang dari 300 transaksi per hari.
*      Fungsi dan Manfaat ATM
Pada awalnya, penggunaan teknologi ATM dilakukan untuk membantu nasabah di dalam melakukan penarikan uang tunai dimana cabang bank tersebut tidak ada. Artinya, ada tidak ada fasilitas ATM, nasabah tetap membuka rekening pada suatu bank.
Secara umum fungsi ATM adalah agar dapat melakukan penarikan uang tunai, namun selain itu masih banyak fungsi ATM yang dapat mempermudah kepentingan kita sebagai nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, seperti:
-       Informasi Saldo
-       Pembayaran Umum: tagihan telepon, kartu kredit, listrik, air, handphone, dan uang kuliah
-       Pembelian: tiket penerbangan, isi ulang pulsa
-       Pemindah bukuan (open transfer)
-       Pengubahan PIN
Selain itu manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah dari pelayanan ATM tersebut adalah:
-       Melakukan pelayanan sendiri
-       Dapat melakukan transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang yang dituju
-       Dapat melakukan transaksi perbankan tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan ATM on-line selama 24 jam
-       Tidak perlu menyimpan uang kas terlalu banyak Sedangkan manfaat bagi pihak bank sendiri adalah:
o   Kemampuan menarik nasabah baru yang lebih banyak untuk menabung dan meningkatkan pendapatan
o   Mendorong nasabah agar lebih aktif menggunakan jasa perbankan
o   Mengurangi antrian nasabah di kantor cabang
o   Mampu membuka peluang munculnya produk dan jasa baru
o   Sebagai media promosi
o   Mengoptimalkan jaringan komunikasi yang ada
*      Proses Pengolahan Data pada ATM
Dalam pemrosesan data atau pengolahan data berbasis komputer, bentuk sistem jaringan kerja dan peralatan yang mendukung yang diterapkan perusahaan merupakan suatu faktor penting yang saling mempengaruhi sehingga menghasilkan informasi cepat.
Misalnya apabila data tentang kegiatan bisnis dikumpulkan maka akan menimbulkan teknik pemrosesan atau pembaharuan transaksi yang mempengaruhi data kegiatan bisnis.
Nugroho Widjajanto (2001:65) menyatakan bahwa teknik pengolahan data berbasis komputer ada dua, yaitu:
  1. Proses Batch merupakan metode pemrosesan data dengan proses  updating (pemutahiran) dilakukan secara periodik dalam jangka waktu tertentu.
  2. Proses On-line atau dikenal juga dengan immediate processing merupakan metode pemrosesan data dengan updating secara langsung segera setelah transaksi terjadi.
1.    Proses Batch (Batch Processing)
Proses Batch merupakan metode lama yang masih terus digunakan untuk beberapa aplikasi dengan menyimpan data dahulu sampai dalam jumlah yang cukup banyak atau sampai pada saat data ditentukan secara    periodik.Pendekatan ini pada umunya digunakan untuk memproses transaksi rutin yang volumenya cukup besar.
Sistem batch processing juga disebut delay system atau sistem tunda. Karena data tidak langsung diproses, melainkan ditumpuk dulu atau ditunda dulu sampai jumlah tertentu atau sampai suatu waktu tertentu. Dengan  adanya tenggang waktu antara kegiatan proses yang satu dengan kegiatan proses berikutnya, muncul istilah processing cycle, atau daur proses, yaitu istilah yang digunakan untuk tenggang waktu tersebut.
Sistem batch processing ini cocok digunakan jika transaksi yang diolah berjumlah besar, file-file tidak segera dimutahirkan (update), dan laporan-laporan disajikan secara periodik.
Kelemahan sistem batch processing ini adalah bahwa laporan yang dihasilkan bukan laporan yang benar-benar mutakhir, melainkan hanya mencerminkan posisi pada tanggal laporan terakhir. Selain itu sistem ini memiliki aplikasi-aplikasi yang terpisah antara satu dengan yang lainnya. Setiap aplikasi memiliki file dan master file yang berbeda dan terpisah. Antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya tidak ada hubungan dan pembagian data. Oleh karena itu, banyak perusahaan beralih ke proses on-line untuk sebagian besar aplikasinya dalam mendukung kegiatan bisnis perusahaan.
2.    Proses On-line (On-line Processing)
Sistem   on-line   processing   atau   immediate   processing   adalah sistem dimana setiap transaksi segera diproses dan dibukukan setelah terjadi pada masing-masing file yang berpengaruh oleh transaksi tersebut. Penginputan data secara on-line lebih akurat daripada menggunakan proses batch, karena sistem dapat menolak penginputan data yang tidak lengkap atau salah dan karena data dimasukkan saat terjadi transaksi maka kesalahan dapat dengan mudah diperbaiki. Proses on-line dapat memastikan bahwa informasi yang disimpan selalu informasi terbaru sehingga dapat meningkatkan kegunaan informasi dalam pengambilan keputusan.
Teknik pengolahan data berbasis komputer yang saat ini digunakan oleh industri perbankan adalah proses on-line. Proses on-line membantu sistem perbankan dalam melaksanakan kegiatan operasional perbankan.
Sebagai  contoh  yang  paling  mudah  adalah  sistem  pencatatan tabungan pada bank. Para nasabah yang ingin menyetor uang atau menarik tabungannya biasanya akan mendatangi petugas bank dibagian depan bank. Setiap data dimasukkan  ke  dalam  komputer  melalui  terminal  yang  tersedia.       Komputer kemudian mengecek kebenaran nama, nomor rekening, jumlah tabungan yang  ada, dan keabsahan jumlah penarikan. Petugas juga melakukan pengecekan atas keabsahan tanda tangan penabung melalui alat khusus. Di beberapa bank, sistem ini dilengkapi pula dengan kata sandi (password) untuk mengecek keabsahan penarikan. Apabila kata sandi itu tidak sesuai, komputer akan menolak penarikan.
Selanjutnya dengan dimasukkan data penarikan tabungan, komputer dengan seketika melakukan perubahan data tabungan pada file tabungan termasuk pada akun nasabah penabung yang bersangkutan. Dengan demikian, posisi akun tabungan nasabah dan juga posisi keseluruhan file tabungan akan terbaharui  secara seketika. Oleh sebab itu, petugas dapat mencetakkan data akun tabungan nasabah ke dalam buku tabungan sehingga buku tabungan menampilkan posisi mutakhir.
Sistem on-line ini tidak terdiri dari beberapa run seperti batch-processing. Kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam on-line ini khusunya adalah data entry dan editing data, pemeliharaan data (file updating), permintaan data dari file (file inquiry) dan penyusunan laporan.
Pemasukan data ke dalam sistem komputer bisa dibantu dengan menggunakan monitor terminal yang dapat menampilkan format yang telah dibakukan terlebih dahulu. Format baku itu pada umumnya ditampilkan dengan menyajikan ruang-ruang khusus yang harus diisi dengan data input. Ruang-ruang khusus tersebut bersifat baku, sehingga setiap penyimpangan atau kesalahan pengetikan akan langsung ditolak oleh komputer. Dengan demikian, penggunaan format tersebut akan mengurangi kemungkinan kesalahan.
Selain dari format baku, pemasukan data input juga dapat dilakukan dengan menggunakan model dialog atau pengajuan pertanyaan pada layar monitor terminal. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab oleh petugas operator pemasuk data. Bentuk variasi lain dari pemasukan data input adalah penggunaan menu. Bentuk ini digunakan pada sistem komputer on-line yang pada umumnya melayani lebih dari satu aplikasi.
Sistem pakar (expert system) merupakan program komputer yang  mewakili pengetahuan dari pakar manusia. Sistem pakar bagian dari salah satu artificial inteligence yang banyak digunakan dalam dunia bisnis. Expert system mensyaratkan penggunaan model-model keputusan dan basis data khusus. Expert system juga mensyaratkan tentang pengembangan suatu basis pengetahuan dan mesin inferensi. Basis pengetahuan yaitu pengetahuan khusus yang dimiliki seorang ahli dalam pengambilan keputusan sedangkan mesin inferensi adalah proses yang ditempuh oleh seorang ahli dalam pengambilan keputusan. Expert System (sistem pakar) berusaha membuat keputusan seperti yang dibuat oleh seorang ahli.
Sistem pakar terdiri dari beberapa elemen-elemen sebagai berikut:
1.    User Interface
2.    Knowledge Base
3.    Interface Engine
4.    Development Engine
User interface merupakan penghubung antara pemakai dengan sistem pakar dalam berinteraksi. Knowledge base berfungsi untuk menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah tertentu yang akan diselesaikan. Interface engine menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi dari knowledge base. Maka dari itu pakar dalam ahli sistem menggunakan development engine dalam menciptakan sistem pakar.
Sistem pakar banyak digunakan dalam kalangan bisnis khususnya perbankan. Lembaga keuangan (bank) menggunakan sistem pakar untuk mempermudah dalam kegiatan operasional perusahaan disamping itu untuk mempermudah manajer keuangan dalam pengambilan keputusan. Sistem pakar dalam bank dirancang secara otomatis dengan memberikan kemudahan kepada pemakai dalam menghadapi masalah selama proses kegiatan operasional berlangsung. Pemakai sistem pakar langsung berkomunikasi dengan sistem dan sistem pakar akan berusaha membantu dan mencoba menyelesaikan masalah.
Keuntungan sistem pakar (expert system) bagi perusahaan maupun bagi manajer dalam pengambilan keputusan, antara lain:
-       Menyediakan alternatif pertimbangan yang lebih banyak
-       Menerapkan logika yang lebih tinggi
-       Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
-       Membuat keputusan yang lebih konsisten
-       Kinerja perusahaan yang lebih baik
-       Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan.
Kerugian sistem pakar adalah sistem ini tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten. Hal ini dikarenakan hanya sedikit yang tetap sepanjang waktu karen berubah-ubahnya kinerja manusia. Sistem pakar juga tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi yang merupakan unsur penting dalam memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
*      Manfaat Setor Tunai Melalui ATM
1.    Menabung tanpa harus antri
Ya, melalui ATM setor tunai Anda bisa menabung dengan lebih efisien dan lebih cepat karena tak perlu repot-repot mengantri di kasir bank (teller). Anda bisa melakukannya lewat setoran tunai di semua mesin ATM setor tunai.
2.    Layanan 24 jam setiap hari
Tak seperti bank yang memiliki hari libur dan batas jam kerja, ATM ini bisa digunakan setiap hari selama 24 jam penuh pada hari apa pun termasuk hari libur.
3.    Melakukan transfer ke sesama dan antar bank
Anda dapat menggunakan mesin ini untuk melakukan transfer ke sesama maupun antar bank di seluruh Indonesia.
4.    Melakukan transaksi pembayaran secara online
Anda dapat melakukan berbagai jenis transaksi pembayaran dengan mesin ini secara online untuk berbagai keperluan diantaranya seperti tagihan listrik, gas, pembayaran langganan TV Kabel, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, PAM, Pajak, angsuran kendaraan, pinjaman bank, kartu kredit, pembelian tiket pesawat atau tiket kereta api, membeli pulsa, bayar BPJS dan berbagai jenis pembayaran lainnya.
*      Kekurangan Menggunakan Setor Tunai ATM
Meskipun sangat jarang terjadi, namun bisa saja terjadi permasalahan umum sewaktu menggunakan ATM setor tunai. Adapun kendala tersebut bisa saja disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah faktor teknis seperti misalnya tiba-tiba terjadi kerusakan pada mesin. Nah, jika hal-hal berikut ini terjadi pada Anda, jangan langsung panik karena sesungguhnya bisa Anda antisipasi dengan mudah.
1.    Uang terselip dan ditolak mesin
Kemungkinan pertama adalah ada lembaran uang yang ditolak oleh mesin. Bisa saja permasalahan ini terjadi karena kondisi uang yang sudah tidak layak, lecek, kotor, tidak rata, tertekuk dan lain sebagainya. Solusinya adalah mencoba untuk merapikan uang tersebut lalu mencoba menyetorkannya kembali. Apabila ternyata masih ditolak, maka berarti uang tersebut harus diganti dengan lembaran uang baru.
2.   Uang tertelan dan transaksi dibatalkan
Meskipun kemungkinannya sangat kecil, namun hal ini bisa saja terjadi. Nah, jika sesaat setelah Anda setor kemudian tiba-tiba terjadi kesalahan teknis seperti layar error yang mengakibatkan uang tertelan dan transaksi dibatalkan, maka janganlah panik. Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencatat nomer ID atau nomer identifikasi ATM yang selalu tertera di bagian depan mesin ATM kemudian hubungi call center dari bank yang terkait. Nomer customer service Mandiri Call 14000 / 52997777, Halo BCA 500888, Call BRI 57987400 / 500017, BNI Call 500046. Segera telpon dan ceritakan kronologis kejadian yang Anda alami.
3.   Transaksi selesai, kartu ATM tertelan
Sama sepeti halnya jika uang tertelan, maka Anda pun bisa langsung melaporkan ke pihak bank yang terkait apabila kartu ATM Anda tertelan untuk kemudian melakukan proses pemblokiran kartu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
*      Cara Praktis Menggunakan ATM Setor Tunai Bank
Bagi Anda yang pada saat ini masih belum familiar atau belum mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin deposit tunai atau Cash Deposit Machine ini, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam menggunakan ATM setor tunai.
-       Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
-       Masukkan nomer PIN (Personal Identification Number) kartu Anda
-       Wadah penerima uang akan terbuka secara otomatis
-       Sebelum Anda mulai memasukkan lembaran-lembaran uang yang ingin disetorkan, pastikan jika Anda merapikan terlebih dahulu lembaran-lembaran uang yang ingin di setorkan dan jangan mencampur nominal dengan jumlah yang berbeda dalam mesin setor. Pisahkan antara lembaran uang 50 ribu dan 100 ribu rupiah.
-       Perlu Anda ingat jika mesin ATM ini hanya menerima nominal tertentu saja, yaitu lembaran uang 50 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah dengan jumlah maksimal 50 lembar sekali setor
-       Saat uang dimasukkan, maka wadah akan tertutup dan mesin akan mulai menghitung jumlah uang yang Anda setorkan
-       Setelah mesin selesai menghitung, maka akan muncul jenis pilihan setoran pada layar, yaitu ingin disetorkan ke rekening sendiri atau rekening lain
-       Pilih salah satu dan tunggu hingga selesai dan Anda mendapatkan tanda terima atau struk
-       Selesai
*      Kemudahan Setor dan Tarik Tunai di Satu Mesin ATM
Memahami efisiensi waktu merupakan kebutuhan di era modern seperti sekarang ini, PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melakukan inovasi teknologi terbaru yaitu ATM STAR (Setor dan Tarik).
ERA digitalisasi di masa modern ini semakin menuntut perbankan untuk menyediakan layanan yang praktis, mudah dan hemat waktu dalam bertransaksi.Begitu juga transaksi-transaksi yang disediakan melalui mesin ATM, seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, pembelian dan lainnya. ERA digitalisasi juga menuntut layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan tanpa batas waktu, 7 hari seminggu, tersedia dimana saja, sehingga tidak perlu harus menemui Teller bank untuk keperluan bertransaksi.
Akan tetapi, bagaimana caranya perbankan dapat mewujudkan semua tuntutan diatas melalui layanan di ATM nya ? Saat ini jika Anda ingin melakukan beberapa transaksi seperti setor uang atau menabung, tarik tunai, transfer atau bahkan melakukan pembayaran tagihan pada saat yang sama, Anda harus melakukannya melalui mesin ATM yang berbeda, tentunya hal ini akan menghabiskan waktu jika anda harus menghadapi antrian yang panjang di setiap mesinnya. Sangat tidak praktis.
Mamahami bahwa efisiensi waktu merupakan kebutuhan di era modern seperti sekarang ini, PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melakukan inovasi teknologi terbaru yaitu ATM STAR (Setor dan Tarik). Nasabah tak perlu lagi mengantri dua kali untuk menabung di ATM Setor Tunai dan menarik uang dari ATM Tarik Tunai.
Melalui ATM STAR nasabah dapat melakukan berbagai transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran atau pembelian tanpa perlu beranjak dari satu mesin ATM ke mesin ATM lainnya. Selain membuat lebih efisien waktu untuk transaksi melalui ATM, implementasi ATM STAR juga akan membantu mengurai penumpukan antrian pada salah satu mesin di galeri ATM.
Bagi BCA kehadiran jenis ATM ini akan mengurangi intensitas kunjungan cash in transit atau pengisian uang. Operasional ATM lebih sederhana dan fungsi kegunaan sebuah mesin ATM bertambah.
Secara fisik ATM STAR terlihat seperti ATM Setor Tunai dengan key pad dan slot uang tunai di depan layar. Perbedaan yang mendasar adalah fitur yang ditawarkan.Setelah memasukkan PIN ATM, nasabah dapat memilih ingin melakukan setor tunai atau tarik tunai melalui ATM ini.
Kemudian uang yang disetorkan sebagai tabungan di ATM STAR oleh nasabah akan dipilih oleh mesin untuk digunakan lagi sebagai persediaan uang bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi penarikan tunai. Mekanismenya seperti mendaur ulang fungsi uang yang disetor nasabah. Menariknya lagi, ATM STAR memiliki fitur pilihan nominal uang yaitu Rp 50.000,- dan Rp 100.000,-. Anda dapat memilih salah satunya atau mengkombinasikan dua nominal tersebut dalam sekali tarik tunai melalui ATM STAR. Misalkan ketika menarik tunai Rp 350.000,- Anda akan memperoleh tiga lembar pecahan Rp 100.0000,- dan satu lembar Rp 50.000,-.
Jenis ATM Cash Recycling Machine seperti ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1985. Jenis mesin ATM ini kemudian digunakan secara luas di Korea, China, Thailand dan Malaysia. Pada Agustus 2013 lalu, BCA menjadi bank pertama yang memperkenalkan jenis ATM ini di Indonesia.
Sebagai pilot project, tahun 2013 lalu BCA menempatkan dua mesin ATM ini di dua lokasi yaitu Wisma Asia di Slipi dan Menara BCA-Grand Indonesia.Menyusul, BCA menempatkan 20 mesin ATM STAR di beberapa lokasi. Jumlah tersebut ke depannya akan terus bertambah.

1 komentar:

  1. The Best Games From The Best Casino Sites - JammyWeb
    From slots and live dealer games 목포 출장마사지 to progressive jackpot slots, 제천 출장안마 of poker 남양주 출장마사지 and casino sites will probably 문경 출장마사지 be worth considering. But, 익산 출장마사지 there's no denying that

    BalasHapus